Penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)

Latar Belakang Setiap perusahaan pasti mengharapkan suatu lingkungan kerja yang selalu bersih, rapi, dan masing-masing orang mempunyai...

Latar Belakang
Setiap perusahaan pasti mengharapkan suatu lingkungan kerja yang selalu bersih, rapi, dan masing-masing orang mempunyai konsistensi dan disiplin diri, sehingga mampu mendukung terciptanya tingkat efisiensi dan produktifitas yang tinggi di perusahaan. Namun pada kenyataannya kondisi ini sulit terjadi di setiap perusahaan. Banyak perusahaan yang seringkali mengeluh begitu sulitnya dan banyak membuang waktu hanya untuk mencari data dan atau sarana yang lupa penempatannya. Tidak hanya itu, seringkalinya kita kurang nyaman dengan kondisi berkas kerja yang berantakan dan tidak jarang memicu kondisi emosional kita
Beberapa permasalahan tersebut diatas dapat kita atasi dengan melakukan penerapan program 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak Negara di seluruh penjuru dunia. Ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang 5R merupakan budaya tentang bagaimana seseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar. Bila tempat kerja tertata rapi, bersih dan tertib, maka kemudahan bekerja perorangan dapat diciptakan dan dengan demikian 4 bidang sasaran pokok industri, yaitu efisiensi, produktifitas, kualitas dan keselamatan kerja dapat lebih mudah dicapai.
            Oleh karena itu ada beberapa hal yang diharapkan dari pelatihan ini:
  1. Peserta diharapkan mampu mengerti arti dari 5 R
  2. Peserta mampu memahami manfaat dari penerapan 5 R
  3. Peserta mampu memahami langkah-langkah dalam menerapkan 5 R
Dengan pemahaman akan kemampuan diatas semoga dapat menjadi langkah awal dalam proses penerapan 5 R di dalam lingkungan pabrik dan mempermudah cara maupun kinerja karyawan dalam proses yang ada dalam industri pangan

Ringkas
Prinsip ringkas adalah memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpannya supaya dapat mudah diakses terbukti sangat berguna bagi perusahaan.

Manfaat apa yang didapat dalam penerapan ringkas?
  1. Mengetahui jumlah fisik barang yang terdapat di lingkungan kerja
Dengan melakukan aktifitas ringkas secara tidak langsung seseorang atau karyawan akan selalu melakukan cek dan ricek akan barang-barang yang ada di lingkungan kerja. Hal ini juga dapat digunakan sebagai acuan dalam permintaan barang dan meminimalisir kehilangan atau kerusakan akan suatu barang.
  1. Tidak ada barang yang berlebihan di tempat kerja
Pemilahan terhadap barang yang diperlukan dan tidak diperlukan dapat menimbulkan dampak positif bagi karyawan di lingkungan kerjanya dimana seseorang rutin melakukan pemilahan dan tidak adanya penumpukan barang yang tidak diperlukan lagi di area kerja

Bagaimana standart ringkas dapat terjaga?
  1. Pastikan barang-barang yang terdapat di area kerja
Sebelum karyawan melakukan aktifitas pemilahan alangkah baiknya karyawan dapat membuat daftar nama barang yang terdapat di area kerja. Hal ini dimaksudkan agar karyawan mengerti barang-barang yang ada beserta jumlahnya
  1. Penetapan kategori dengan menggunakan tanda
Tanda dapat digunakan untuk mempermudah karyawan dalam melakukan pemilahan. Misalnya menggunakan tanda merah untuk barang yang tidak diperlukan, menggunakan hijau untuk barang-barang yang masih diperlukan
  1. Penjadwalan aktifitas ringkas
Rutin melakukan aktifitas ringkas dapat memudahkan karyawan dalam melakukan pemilahan secara tidak langsung juga akan mendorong karyawan dalam berpartisipasi mendukung aktifitas ini.

Langkah mudah dalam menerapkan ringkas
  1. Daftar barang dan jumlahnya
Karyawan memastikan ketersediaan barang-barang yang terdapat di area kerja. Hal tersebut dimaksudkan agar karyawan ikut menjaga atau peduli terhadap barang-barang yang ada di area kerja. Selain itu karyawan dapat mengetahui stock dan memiliki perencanaan dalam pengajuan permintaan terhadap barang yang dapat membantu proses kerja
  1. Pemberian tanda khusus dengan kriteria pemilahan
Tanda yang dimaksudkan adalah dengan dua kategori diperlukan dan tidak diperlukan. Untuk barang-barang yang diperlukan diberi tanda warna hijau dan untuk barang-barang yang tidak diperlukan diberi tanda merah. Barang yang telah diberi tanda merah dapat disingkirkan atau dimusnahkan, sedangkan barang dengan tanda hijau dapat disimpan pada tempat yang telah disediakan.
  1. Pembuatan jadwal ringkas
Jadwal rutinitas ringkas membuat karyawan berpartisipasi di lingkungan kerjanya serta menjadikan karyawan lebih peduli tempat kerja.

Instruksi
Trainer memberikan intruksi kepada peserta untuk melakukan ringkas atau mendata barang yang diperlukan untuk alat tulis (5 Menit)
Barang yang diberikan :
Koran, teh, gula, pensil, pulpen, obeng, baut, kertas A4, gunting, gergaji, lem kertas, kabel gulung
Kunci Trainer :
Pensil, pulpen, kertas A4, gunting, lem kertas,

Rapi
Prinsip rapi adalah menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai sebagaimana cepat kita meletakkan barang dan mendapatkannya kembali pada saat diperlukan dengan mudah. Perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam memutuskan dimana benda-benda harus diletakkan untuk mempercepat waktu dalam memperoleh barang tersebut.

Manfaat apa yang diperoleh dalam penerapan rapi?
  1. Lingkungan kerja menjadi tertata
Sebagai industri pangan sangat diperlukan lingkungan yang tertata hal ini membuat lingkungan menjadi lebih indah dilihat dan menimbulkan rasa nyaman bagi karyawan yang terdapat di dalamnya.
  1. Terciptanya kemudahan, kecepatan, dan ketepatan pengambilan barang ketika diperlukan
Dengan adanya pemberian label pada masing-masing alat maupun lokasi memudahkan seseorang dalam mengenali dan mempermudah dalam mencari apabila barang tersebut diperlukan dalam proses kerja.

Standart yang mesti dijaga dalam penerapan rapi
  1. Layout
Hal ini dimaksudkan agar mempermudah seseorang dalam merencanakan penempatan barang yang ada di lingkungan kerja
  1. Label
Pemberian label-label terhadap barang-barang yang digunakan dalam proses kerja. Hal tersebut memberikan manfaat terhadap karyawan untuk mengenali dan mempermudah dalam mencari sebuah barang yang akan digunakan.
  1. Garis-garis batas
Adanya garis batas di tempat kerja agar barang-barang yang ada tidak berpindah tempat serta membuat semua karyawan yang ada di tempat kerja menjadi taat akan aturan rapi

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menerapkan rapi
  1. Melakukan pembuatan desaign layout ruangan atau tempat kerja
Sebelum membuat label hal yang paling mendasar dari rapi adalah layout. Ini dimaksudkan agar kita dapat memanfaatkan ruang yang ada sesuai dengan kapasitasnya. Dalam pembuatan layout sangat diperlukan perhitungan jumlah barang dengan kapasitas ruangan
  1. Pemberian label terhadap semua barang yang ada di tempat kerja
Pada setiap barang yang ada dalam tempat kerja wajib diberikan penanda untuk mempermudah karyawan mengenali barang-barang di tempat kerja. Label-label yang digunakan boleh hanya dengan tulisan maupun dengan pemberian warna-warna khusus untuk mengingatkan setiap karyawan akan keberadaan sebuah barang.
  1. Membuat garis batas di tempat kerja
Garis-garis dibuat dengan menyesuaikan layout yang telah digambar. Pembuatan garis dapat dengan menggunakan cat atau stiker warna. Dengan adanya garis-garis pembatas diharapkan karyawan pada tempat kerja tersebut mematuhi aturan rapi dan tidak sembarang dalam menempatkan barang

Tugas Rapi
Trainer memberikan instruksi kepada peserta untuk mengelompokkan benda-benda sesuai dengan fungsinya untuk kebersihan, makan, dan alat tulis (7 Menit)
Sapu,piring, pengki/serokan, gunting, pulpen, pel, sendok, garpu, buku, penggaris, pensil, ember, gelas, tissue, kemoceng.
Kunci trainer
Kelompok alat kebersihan                   Kelompok alat makan                         Kelompok alat tulis    
  1. Sapu                                        1. Piring                                               1. Pulpen        
  2. Pel                                           2. Sendok                                            2. Penggaris
  3. Ember                                      3. Garpu                                              3. Pensil          
  4. Pengki/serokan                        4. Gelas                                               4. Buku
  5. Kemoceng                               5. Tisue                                                5. Gunting      

Resik
Prinsip resik adalah membersihkan tempat/ lingkungan kerja, mesin/ peralatan, dan barang-barang agar tidak terdapat debu, kotoran dan bau. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan oleh setiap orang mulai dari pimpinan hingga pelaksana/ operator yang ada.

Manfaat apa yang dapat diperoleh ketika menerapkan resik?
  1. Menciptakan lingkungan yang bersih
Dengan adanya kegiatan pembersihan yang rutin dapat menciptakan tempat kerja bebas dari debu, kotoran dan bau. Lingkungan juga dapat terbebas dari sumber-sumber penyakit atau virus yang dibawa kotoran.
  1. Menghindarkan produk dari kontaminasi
Di industry pangan debu, kotoran dan bau merupakan isu utama dalam pencemaran pangan. Ketika lingkungan sudah menjadi bersih diharapkan sudah dapat meminimalisir atau menghilangkan sumber kontaminasi pangan.
  1. Menumbuhkan rasa nyaman untuk pekerja
Jika lingkungan kerja bersih dapat menumbuhkan rasa nyaman karyawan yang ada di dalammnya. Selain itu juga dapat meminimalisir stress dikarenakan penumpukan kotoran yang ada di sekitar lingkungan pekerja

Standart yang harus dijaga dalam menerapkan resik
  1. Alat kebersihan terpenuhi
Alat-alat kebersihan yang ada di lingkungan kerja baiknya dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan atau fungsinya
Alat-alat kebersihan sesuai tempatnya (yang boleh dan yang tidak boleh di tempat tertentu)
  1. Penanggung jawab
Dengan adanya penanggung jawab membuat karyawan menjadi berkomitmen terhadap apa yang ditugaskan (khususnya kegiatan resik).
  1. Kegiatan resik terjadwal
Jadwal tentang kegiatan resik sebagai bentuk pengingat karyawan dalam melaksanakan tugas dan menumbuhkan kepedulian karyawan terhadap kebersihan lingkungan kerja.

Langkah mudah dalam menerapkan resik di lingkungan kerja
  1. Membuat list daftar alat kebersihan
Langkah pertama dalam melakukan aktifitas resik adalah mencatat semua kebutuhan alat-alat kebersihan yang dapat digunakan di lingkungan kerja. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan karyawan dalam melakukan aktifitas kebersihan dan alat-alat kebersihan yang digunakan menjadi lebih efektif.
  1. Adanya penanggung jawab kebersihan
Menunjuk salah satu karyawan yang ada di lingkungan kerja untuk menjadi penanggung jawab kebersihan. Tugas penanggung jawab kebersihan adalah sebagai penghubung atau sebagai fasilitator untuk menyampaikan aktifitas kebersihan yang sudah dilakukan dan mengevaluasi bagaimana kebersihan di lingkungan kerja.
  1. Pembuatan jadwal kebersihan
Jadwal kebersihan dapat dibuat dengan menyesuaikan jumlah orang yang ada di lingkungan kerja. Pembagian jadwal kebersihan dimaksudkan sebagai alat control terhadap kebersihan ruangan. Pelaksanaan jadwal kebersihan dapat dibuat dengan mempertimbagkan kapan harus dibersihkan, bagaimana proses pembersihan.
Latihan resik
Simulasi penerapan standar resik
(mengangkat tangan-meletakan pada kursi/meja, melihat ke lantai, mencium aroma dengan jarak 1 meter)
  1. Buatlah jadwal kebersihan dengan jumlah 10 pekerja dan 6 hari kerja!


Rawat
Prinsip rawat adalah mempertahankan hasil yang telah dicapai pada (Ringkas, Rapi, Resik) sebelumnya dengan membakukannya (Standarisasi). Prinsip ini dapat berjalan apabila dilaksanakan oleh semua karyawan yang ada di lingkungan kerja.

Manfaat dari penerapan rawat di lingkungan kerja
  1. Peralatan menjadi berumur lebih lama
Dengan merawat karyawan akan dibiasakan untuk peduli pada peralatan-peralatan yang ada di lingkungan kerja. Hal ini dapat menjadikan peralatan yang dipakai menjadi awet dan lama umurnya.
  1. Ujung-ujungnya perusahaan dapat berkompetisi dengan perusahaan lain
Peralatan-peralatan atau mesin-mesin yang senantiasa dilakukan perawatan tentunya membuat peralatan tersebut awet atau tidak mudah rusak. Dengan peralatan yang tidak mudah rusak perusahaan dapat menghemat pengeluaran yang ada, dan pada akhirnya dana yang digunakan untuk perbaikan dapat digunakan dalam mengembangkan produk yang dihasilkan

Standarisasi yang dapat dijaga untuk aktifitas rawat
  • Pembakuan atau standarisasi
Pembuatan standarisasi setiap pekerjaan rawat (Ringkas, Rapi, Resik) membuat para karyawan menjalankan kegiatan-kegiatannya secara seragam atau terjadi kesamaan antara karyawan yang satu dengan yang lain.

Langkah-langkah dalam menerapkan rawat di lingkungan kerja
  1. Pembuatan standarisasi pekerjaan 3R (Ringkas, Rapi, Resik)
Pekerjaan-pekerjaan yang telah dikerjakan dalam 3R (Ringkas, Rapi, Resik) dibakukan dalam aturan tertulis (standart operational prosedur). Dalam membuat standart ditentukan berdasar kesepakatan bersama juga dengan dicantumkannya hasil-hasil yang telah didapat.
  1. Mengkomunikasikan standart yang ada kepada karyawan
Langkah berikutnya setelah dibuatkannya standart tentang 3 R (Ringkas, Rapi, Resik) adalah mengkomunikasikan kepada karyawan yang bekerja di lingkungan kerja. Bentuk komunikasi dapat berupa aktifitas training standar 5R, koordinasi di masing-masing bagian saat lentera hati/ briefing sebelum bekerja, adanya poster atau spanduk di area kerja.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Buatlah salah satu contoh standart 3R (ringkas, rapi, resik)?
  2. Bagaimana cara melakukan perawatan terhadap mesin (mesin pada sepeda motor)?

Rajin
Prinsip rajin adalah terciptanya kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. Rajin di tempat kerja berarti pengembangan kebiasaan positif di tempat kerja. Apa yang sudah baik harus selalu dalam keadaan prima setiap saat. Prinsip rajin di tempat kerja adalah “lakukan apa yang harus dilakukan dan jangan melakukan apa yang tidak boleh dilakukan”.

Manfaat penerapan rajin
  1. Pribadi-pribadi yang berdisiplin
Dengan menerapkan prinsip rajin maka dapat menjadikan karyawan menjadi lebih berdisiplin diri tentang aturan-aturan dalam 5R(ringkas, rapi, resik, rawat, rajin). Tingkah laku karyawan menjadi lebih terarah dan menjadikan lingkungan kerja menjadi lebih tertata serta bersih
  1. Menjadikan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) sebagai budaya
Kebiasaan-kebiasaan yang sudah melekat pada diri karyawan menjadikan karyawan lebih peduli terhadap lingkungannya. Dengan kepedulian yang ada dapat membuat karyawan saling mengingatkan antar karyawan untuk mentaati aturan-aturan yang ada dalam 5 R(ringkas, rapi, resik, rawat, rajin)

Apa yang dapat menjadi standart dalam rajin?
  • Komitmen
Penerapan rajin dapat menjadi terhambat apabila tidak ada tindak lanjut dari managemen. Tindak lanjut ini dapat berupa bentuk teladan dari atasan untuk bersama-sama melaksanakan standart-standart yang telah dibuat juga dapat berupa bentuk penghargaan terhadap karyawan yang menjadi teladan 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin)

Langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam rajin
  1. Komitmen bersama
5 R (ringkas, rapi, resik, rawat,rajin) dapat berjalan apabila terdapat komitmen dari masing-masing karyawan dengan mematuhi segala aturan di lingkungan kerja dan saling mengingatkan apabila terjadi kesalahan maupun kekurangan dalam penerapannya.
  1. Teladan atasan
Hal yang paling mendasar dalam penerapan rajin adalah contoh dari atasan. Ini berdasarkan apa yang dapat dilihat dalam lingkungan dimana seorang anak balita mampu melakukan pergerakan setelah mendapat contoh dari orang tuanya. Apabila atasan tidak mampu memberikan contoh yang baik juga menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan kerjanya. Oleh karena itu dibutuhkan contoh yang baik dari atasan agar mampu mendorong karyawan berbuat lebih baik.
  1. Komunikasi di lingkungan kerja
Adanya bentuk evaluasi kinerja 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin), hal ini sebagai alat kontrol terhadap hambatan dan bentuk perbaikan. Bentuk evaluasi dapat diadakan setiap minggunya agar lebih berjalan efektif dan tidak terlalu lama dalam perbaikannya sehingga lingkungan kerja menjadi tertata, nyaman, dan bersih. Dalam evaluasi selain bentuk perbaikan juga dapat diberikan bentuk penghargaan terhadap karyawan maupun lingkungan yang senantiasa menerapkan 5R(ringkas, rapi, resik, rawat, rajin). Penghargaan tersebut sebagai stimulus karyawan untuk meningkatkan kinerjanya di lingkungan kerja khususnya dalam menerapkan 5 R(ringkas, rapi, resik, rawat, rajin)
Coba kita kerjakan!

Sebutkan yang belum anda pahami dalam penerapan 5R(ringkas, rapi, resik, rawat, rajin)
sumber : http://kristiandkusuma.wordpress.com

KOMENTAR

Name

"Chibikko Takoyaki" 17 Agustus 8 Agustus 1967 9 maret 2016 abdullah chobir About Us adira multifinance advokat agustus air terjun sedudo Airlangga Career Fair AKSI Al ibrah al khidmah al quran raksasa Al-Qur'an Tertua alamat depag Alamat Pondok Qomaruddin Alamat Sekolah Di Gresik Alphabet Alun-alun gresik amdal amhkasa pura II anak android Android 2015 android m angkat besi anwar zahid aplikasi inigresik aplikasi ramadhan apple arab saudi artawa artikel asal usul desa asean Ashabul Kahfi asian games 2018 asinan buah Asli Badhogan Gresik Aston Martin Augmented Reality avansa ayas Badai Patricia Balai Rukyat baluran BAndara bandara bawean bandara harun tohir Bandeng Asap Bandeng Bakar Bandeng Fortune Bandeng Presto Bandeng Tanpa Duri bangun rumah Bangunan Kuno Gresik Banjir Gresik Banyutengah banyuwangi barata indonesia barcelona batagor Batik Gresik batu akik batu mulia bawean bawean surabaya bayi dibuang baz gresik beasiswa Bebek Sinjay bedilan Bendung Gerak Sembayat Benjeng bensin naik Benteng Lodewijk Bentley berita Berita Gresik biologi bisnis online Blackberry Blogger Blok Cepu bmw bnpb BPJS bpjs haram brokoli bubur harisah Budaya Budaya Gresik bukit hollywood Bukit Jamur Bukit Jamur Gresik bukit lengis Bulog bungah Bupati Gresik buruh Bus Gratis Bus Sekolah butuh cak dan yuk cak nun cangkrukan car free day cara menghafal al quran cargill cari rumah Gresik ceramah ramadhan cerita ceritarakyat Cerme Cholesterol jahat cogindo condrodipo copa amerika 2015 cortana crane jatuh Cuaca Gresik daerah Daftar Lokasi Free Wifi Dagangan Damar Kurung Demam Berdarah demo buruh Demo Gresik denah rumah Desa Sedagaran Desa Terkecil Desa Wadeng desain mushola Dewan Pers diabetes Disclaimer disnaker disnaker gresik dispendik dokaran dolanan Duduk Sampeyan Dukun dumptruck duta genre Dynasty Water World Efusi Pleura eko yuli irawan Ekonomi euro 2016 evan dimas Event Facebook faqih usman fasilitator desa Festival Foto Surabaya film film gratis Follow Akun Twitter @inigresik Foto Gresik foto kegiatan HUT RI fotografi Gamal Albinsaid gaya hidup gba Gelora Joko Samudro Gempa generasi z gerhana matahari giga selfie giri Google google bisnisku google glass gosigap polres gresik graha bunder asri gresik Gresik Crafter Gresik Fair Gresik Food Truck Festival Gresik Glowing gresik job fair gresik job fair 2016 Gresik Job Fair II 2015 Gresik Kota Baru gresik tempo dulu Gresik United griya suci permai gresik gsp gunung bromo gunung lawu Habib Abu Bakar Assegaf hafal qur'an haji 2015 haji 2016 hari bumi Hari Jadi Gresik hari santri harun thohir haul akbar hiburan Hidrocephalus hidroponik hijabers gresik himatif himpaudi Hotel hotel bawean Hotel Gresik hotel Ibis Gresik Hotel Pesonna Hotel Pesonna Pegadaian hp tahan air Hujan Es husnul khuluq hut ri 70 HUT RI Gresik HUTGresik Hypothermia ice cream idul adha idul fitri ikadi Ikan Asin Bandeng Iklan indobaja primamurni indonesia Indonesia Career industri inigresik inka Inspirasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember internasional investasi ipdn Iphone 6 iphone 7 ISL 2015 ispro its Jadwal Bus Bandara jadwal imsakiyah jadwal pesawat bawean jadwal pesawat sumenep jadwal pesawat surabaya Jajanan Gresik jalan tol gresik jalur macet jamaah haji tertua jamaah haji tunanetra jasa raharja jasa renovasi rumah jatim tv jawa timur jelajah arsitektur jembatan sembayat jiipe gresik jilbab motif telanjang job fair job fair 2016 Job Fair Gresik 2015 Job Fair Gresik 2017 Job For Career Jokowi Jual Kaos Gresik Jual Rumah Jual rumah Gresik Jual Rumah PPS jual tanah jual tanah gresik juara kontes juventus K.H Ahyad Asal Mengare K.H. Ahmad Maimun Adnan Kabar Gresik kacang kapri kalender kali lamong kaliotik Kamera Mirrorless Kampung Arab Kampung Kemasan Kampung Kemasan Kampung Pecinan kampus non aktif kampus terbaik kanjeng sepuh kanker Kaos Bukit Jamur kapal tenggelam Karang Taruna Karang Turi karangpoh karaoke karnaval kartini katarak gratis kauman Kauman Sidayu Kawasan Kota Lama kawasan religi kebakaran kebun buku kecelakaan kedokteran kella celok Keluarga keluhan Kemanten Sunat kematian kemdikbud kemensos keong Kercengan kereta api Kesehatan kesenian Ketika Mas Gagah Pergi Ketupat Ketheg Kewirausahaan KH Najih Ahjad KH. M. Kholil KH. Masbuhin Faqih khitanan masal khofifah indar parawansa khutbah kig Kirab Budaya KIS Kisah kisah inspiratif klinik mata utama Kode Pos Gresik kolak ayam gumeno Kolom Mahasiswa Komunitas Komunitas Gresik Movie Komunitas tOekangpoto kontes bandeng kontes tweet kontingan gresik kopertis kopi kopi gratis Kopiah Gresik kopyah Korban Crane Asal Indonesia korupsi Kota Tua Gresik KPU kpud gresik krawu kreatif kriminal kroman KTP Anak KTT OKi Kualifikasi Eropa Kuliah Kuliner kuliner bawean Kuliner Gresik kuliner lamongan Kultum ramadhan kurma Kwetiau Goreng lain-lain Lamborghini lamongan Lampu Antik langitan Lapangan Terbang lapter bawean laundry gresik Ledakan Tianjin legen Leran LG lgbt lifestyle Liga Champion Liga Inggris liga spanyol Logo gresik LokerGresik Lomba Lomba Menulis lomba pembelajaran lomba robot lowayu lowongan Lowongan 2016 lowongan 2017 lowongan desember Lowongan Gresik lowongan kemendesa Lowongan Kerja Lowongan Kerja 2015 Lowongan Kerja 2016 lowongan kerja 2017 lowongan pln.lowongan kerja Lowongan September lowongan sma lowongan smelting lowongan Telkom lowongan teluk lamong lpk LPSE Gresik LSI Magang Jepang mahasiswa majalah kuno makanan malang malioboro Mandiling Manyar Manyar Rejo Manyar Sidomukti Manyar Sidorukun mapala Mardzuki masakan Masjid Agung Moskow Masjid Gresik masjid jami' gresik masjidil harom maskumambang mata mayday mazda Mbah Masmundari mengare Meningitis mensos menteri agama metode tikrar mexico MI Tsamrotul Ulum microsoft Microsoft Office 2016 mina Mobil Mobil Audi mobil hias mobil kuno Mobil Listrik mobil terbang Moh Qosim mojokerto Motivasi mtq mudik 2015 mudik 2016 Muhammadiyah MUI muktamar Muhammadiyah Muktamar NU museum sunan giri mushola gresik Nahdlatul Ulama NARKOBA nasehat Nasi Karak nasional Naskah kuno Ngipik Ngoleleng Bebhiyen Nilai Tukar Rupiah Nippon Paint novel nurhamim Nyai Ageng Pinatih obat TBC ODOJ Oktober Olahraga olimpiade 2016 Olimpiade Fisika ombudsman onthelis Opini opor ayam orang terkaya Otak Otak Bandeng otomotif pahlawan pajak palembang palestina pameran akbar Panceng pandeomah pantai delegan papua parcel buah parenting pasar bandeng Pasar Giri pasar gresik pasar kaget pasar tertua Pasebos Paskibraka patrol pawai truk hias PC NU Gresik pegadaian pekan rajabiyah pekauman pekerjaan Pelabuhan Gresik pelajar pelajaran Pelatihan menulis Pelindo Pemeran Mas Gagah Pemilihan Puteri Muslimah pemuda pemuda juara pemuda muhammadiyah pencak bawean Pencak Macan pencurian pendaftaran Penderita TBC Gresik Pendidikan penduduk miskin pengaduan Pengetahuan Pengetan Bandeng penginapan bawean Penimbang Emas Kuno Pepes Bandeng periode keempat Peristiwa Perkemahan Wirakarya permainan tradisional perpustakaan Persegres persija pertalite pertamina pertamina lubricant perumahan di Gresik pesantren Pesawat Bouraq Pesawat Trigana peta gresik peta lama Peta Wisata Kabupaten Gresik Petrokimia petronas petrosida gresik piala aff 2016 Piala Dunia 2018 Piala Indonesia Satu piala presiden 2015 pilbup Gresik Pilkada Gresik Pilkada Gresik 2015 Pilkades 2015 pilkades Gresik 2015 PKL Gresik pmk gresik pojok Gresik Politik pondok al islah Pondok Gresik Pondok Ihyaul Ulum Pondok Qomaruddin populer porkab porprov pos indonesia posko mudik Power Bank ppdb Press Release prestasi Privacy Policy profil perusahaan profile program keluarga harapan Promo Property Gresik propinsi madura psht PT Asuka Engineering Indonesia PT CJ Feed Jombang PT Djabesmen PT Freeport Indonesia PT Grain PT Indoprima Gemilang PT Indospring PT Jebe Koko pt kai PT Ometraco Arya Samanta PT Perkebunan Nusantara XI PT Petro Jordan Abadi PT Petrokimia Kayaku PT PJB PT Siantar PT Suri Tani Pemuka (JAPFA Group) PT United Tractors Semen Gresik PT Waru Abadi PT. Tjakrindo Mas Pudak pulau noko pulau noko selayar pupuk palsu pupuk subsidi Puskesmas PWI Gresik qomaruddin raci kulon radar Gresik raja salman ramadhan ramadhan 2015 Ramadhan 2016 randuboto raskin gresik real sense Rebana Gresik rebo wekasan redaksi Remaja Resensi Buku resep resep bandeng Gresik riyoyo kupat rohingnya RS Petrokimia rujak soto rukyatul hilal rumah rumah bersubsidi rumah dijual rumah idaman rumah madu rumah makan gresik rumah minimalis Rumah Pelangi rumah sederhana rumah unik rusa bawean rusia Rute Angkot Rute Bus sambari sambari qosim samsat samsung sangkapura sapi sastra gresik satpol pp sbmptn sea games 2015 sejarah sejarah bawean Sejarah Desa Pekauman sejarah desa trate Sejarah Gresik sekapuk sekolah Sekolah Gresik sekolah laris sektoral sembayat Sembilang semen indonesia semen padang Seminar Senam senam pinguin sepakbola sepeda listrik Sewa Gedung sewa kamera Sewa Mobil sholat gerhana siaran langsung sidayu sidomukti siluet wajah.wajah di pohon silver juice sim sim keliling sim online simping sindujoyo siti fatimah binti maimun siwalan sma gresik sma muhammadiyah SMA Negeri 1 Manyar sma negeri 1 menganti Sma nu 1 gresik Sma nu 2 gresik sman 1 Gresik sman 1 manyar smanusa smartphone smartphone tahan air smelting SMK Karya Bhakti smk pgri 1 gresik smp smp nu 2 Gresik SNMPTN 2015 SNMPTN 2016 social media Soedarmono sony sosial spotfoto stadion gresik stadion joko samudro stadion Lengis Stempel Kuno Suci sumpah pemuda sunan ampel Sunan dalem Sunan giri Sunan Gresik sunan gunung jati sunan kudus Sunan Maulana Malik Ibrahim sunan prapen Surabaya Job Fair 2015 Surabaya Job Fair 2017 Surban Sunan Giri susi air SUV Toyota Fortuner Ta'aruf tahu bulat Tanah dijual tari pudak tari tayung tarif internet Tarif Kereta Api taujih TBC teknik pengereman Teknologi telaga Telepon Aduan telkom akses Tempat Wisata tenaga kerja asing Tentang Kami Timbangan China Timbangan Kuno Tips Tips Hemat Air tips membuat rumah tips menulis tlaga biru Tlaga Pegat Toekangpoto Toko Grosir Termurah toko Sygma tokoh tokoh gresik Toyota Ayla toyota facelift toyota fortuner toyota vios tradisi tragedi mina trate Truk terbang tsc 2016 tutut uang Ucok Supandi UEFA ugm uisi Ujian Nasional Ulama ultras gresik UMG Umk jatim UMKM Gresik umpak Unair Unas Gresik 2015 unik universitas universitas Gresik Universitas Padjadjaran upacara URC Verslag Video vietnam Virtual Reality wader Waduk Gresik Wahyu Firmansyah walisongo walisongo periode kelima walk in interview wall climbing warkop gresik warsito warung kopi warung makan warung termurah welut WhatsApp wijaya karya wilmar windows 10 Wirausaha wireless charger wisata wisata air wisata air gresik wisata anak wisata edukasi Wisata Gresik wisata jawa timur wisata mangrove wisma achmad yani Wonderland Theme Park Xiomi Android yamaha indonesia yogyakarta zakat zetizen
false
ltr
item
Official Website Ini Gresik Twitter: Penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)
Penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)
http://3.bp.blogspot.com/-8hzodE55zRY/VElJZGLunGI/AAAAAAAABAM/KK1_fwJgpW8/s1600/BUDAYAKAN%2B5R.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-8hzodE55zRY/VElJZGLunGI/AAAAAAAABAM/KK1_fwJgpW8/s72-c/BUDAYAKAN%2B5R.jpg
Official Website Ini Gresik Twitter
http://www.inigresik.com/2014/10/penerapan-5r-ringkas-rapi-resik-rawat.html
http://www.inigresik.com/
http://www.inigresik.com/
http://www.inigresik.com/2014/10/penerapan-5r-ringkas-rapi-resik-rawat.html
true
4591119014196824158
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Selanjutnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy